• INFO PRODI
    • BERITA
    • ACARA
    • PENGUMUMAN
    • SK Seminar Proposal
    • SK Pembimbing Skripsi
    • SK Munaqosah
  • AKADEMIK
    • Pengajuan Judul Skripsi
    • Seminar Proposal
    • Ujian Komprehensif
    • Munaqosah
    • Magang
    • Akreditasi
    • KALENDER AKADEMIK
    • UNDUH DOKUMEN
  • SIAKAD
  • E-LEARNING
  • JURNAL
  • REPOSITORI
  • MAHASISWA
    • Prestasi Mahasiswa 2020
    • Prestasi Mahasiswa 2021
    • Webinar dan Seminar 2021
    • Prestasi Kader RISEF 2019-2021
    • MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka)
    • Calon Mahasiswa
    • Pusat Layanan Mahasiswa
    • Komunitas Mahasiswa
    • MAHAD AL-JAMIAH
    • Beasiswa
    • Karya Mahasiswa
  • ALUMNI CENTER
    • Pojok Alumni
    • Layanan Alumni
    • Pelacakan Studi
    • Komunitas Alumni
    • Lowongan Pekerjaan
  • CAREER FAIR INTERNATIONAL
febi

Perbankan Syariah
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
UIN Raden Intan Lampung

  • Beranda
  • Profil Prodi
    • Visi, Misi, dan Tujuan
    • Sejarah Prodi
    • Struktur Organisasi
    • SOP Prodi
  • Pendidikan
    • Akreditasi
    • Pusat Kajian
    • Unit Pendukung
    • Struktur Kurikulum
  • Penelitian dan PKM
    • Penelitian
    • Pengabdian Kepada Masyarakat
  • Kerjasama
    • Kerjasama Dalam Negeri
    • Kerjasama Luar Negeri

Home » Pusat Layanan Mahasiswa

Pusat Layanan Mahasiswa

Layanan Kepada Mahasiswa

No

Jenis Pelayanan kepada Mahasiswa Bentuk kegiatan, Pelaksanaan dan Hasilnya
(1) (2)

(3)

1 Bimbingan dan konseling 1)   Pengenalan Sistem Akademik Fakultas dan Program Studi yaitu:

  1. Pengenalan lingkungan dan fasilitas Institut/Fakultas/Program Studi
  2. Tata Tertib dan Kode Etik Mahasiswa
  3. Unit  Kegiatan Mahasiwa (UKM)
  4. Kurikulum dengan segala aspeknya

2)      Bimbingan Belajar Perguruan Tinggi bagi Mahasiswa

Pelaksanaan bimbingan ditangani secara langsung oleh Dosen Pembimbing Akademik adapun bentuk kegiatannya berupa bantuan  tutorial yang bersifat akademik pada mahasiswa dengan cara menunjuk seorang dosen pembimbing akademik (PA)/dosen wali yang berkewajiban untuk:

  1. Memberikan pengarahan dan bimbingan kepada mahasiswa yang dibimbing dalam menyusun rencana studinya hingga lulus;
  2. Memberikan motivasi kepada mahasiswa bimbingannya untuk meningkatkan prestasi dengan belajar aktif dan mandiri;
  3. Memberikan pertimbangan kepada mahasiswa bimbingannya tentang banyaknya kredit yang dapat diambil dalam satu semester berikutnya;
  4. Memberi pengarahan dan bimbingan kepada mahasiswa yang mengalami kendala dalam masa studi.

Pelaksanaan konsultasi rutin dengan dosen Pembimbing Akademik  dilaksanakan di setiap awal dan akhir semester serta secara tidak terjadwal. Baik Dosen Pembimbing Akademik maupun mahasiswa bimbingannya tersebut, masing-masing memegang Buku Pedoman Konsultasi Akademik. Di dalam buku tersebut terdapat Lembar Catatan Bimbingan/Konsultasi Akademik, yang berfungsi sebagi jurnal bimbingan sekaligus sebagai progress report bagi tindak lanjut dari arahan/saran Dosen Pembimbing Akademik kepada mahasiswa bimbingannya. Hasil dari kegiatan pelayanan bimbingan ini ditunjukkan dengan termotivasinya mahasiswa untuk menyelesaikan studi dengan baik dan tepat waktu.

2 Minat dan bakat (ekstrakurikuler) 1) Bentuk: pelayanan pengembangan minat dan bakat di Program Studi Perbankan Syari’ah, fakultas maupun institut  dilaksanakan melalui beberapa bentuk kegiatan berupa:

a.    DEMA (Dewan Mahasiswa)

b.   BEMF (Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas)

c.    HMJ/PPS (Himpunan Mahasiswa Jurusan / Program Studi Perbankan Syariah)

d.   KSPMS (Kelompok Studi Pasar Modal Syariah)

e.    RISEF (Raden Intan Syariah Economic Forum)

f.    Komunitas FEBI-FC (Komunitas Mahasiswa Pecinta Futsal dan Voli)

g.   GenBI UIN Raden Intan Lampung

h.   GenBI Provinsi lampung (Generasi Bank Indonesia –  Kelompok Mahasiswa pilihan di bawah naungan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Lampung)

i.     UKM ORI (Olahraga)

j.     MAHARIPAL (Mahasiswa Raden Intan Pecinta Alam)

k.      PRAMUKA (Pradja Muda Karana)

l.       MENWA (Resimen Mahasiswa)

m.    LPM (Lembaga Penerbitan Mahasiswa)

n.      KOPMA (Koperasi Mahasiswa)

o.      KSR-PMI (Korps Sukarelawan Remaja Palang Merah Indonesia)

p.      BLITZ

q.      PUSKIMA (Pusat Kajian Ilmiah Mahasiswa)

r.        BAPINDA (Badan Pembinaan Dakwah)

s.       Dan lain-lain

 

2) Pelaksanaan: organisasi profesi dan unit kegiatan lain merancang program dan kegiatan sesuai dengan visi dan misi, sedangkan pihak prodi memfasilitasi dan mendukung setiap kegiatan mahasiswa.

3)   Hasil :

Adanya program yang terintegrasi antara prodi, fakultas, institut dengan organisasi               kemahasiswaan sehingga akan terjalin  komunikasi yang efektif. Kegiatan pelayanan pengembangan minat dan bakat ini ditunjukkan dengan tercapainya prestasi yang memuaskan pada beberapa forum  lomba dan apresiasi yang baik, baik dari kalangan kampus maupun  masyarakat.

3 Pembinaan soft skills Pelayanan pembinaan soft skills di Program Studi Perbankan Syari’ah, dilaksanakan melalui berbagai bentuk kegiatan:

1)   Prodi memfasilitasi  saranan dan prasarana terkait dengan pembinaan  soft skills antara lain : ketersediaan sekretariat UKM, Laboratorium Komputer, Laboratorium Akuntansi, Laboratorium Bank Mini, Kelompok Studi Pasar Modal Syariah,  Lapangan Voli, Lapangan Basket, Futsal, Fasilitas Panjat, dll.

2) Pelaksanaan : Pembinaan soft skill dilaksanakan melalui kegiatan yang dilakukan              dimasing-masing kesekretariatan yaitu : (1) Ruang kesekretariatan: mendukung setiap kegiatan yang dilakukan mahasiswa dimasing-masing bidang (2) laboratorium komputer menyediakan fasilitas komputer yang digunakan untuk akses internet; (3) laboratorium akuntansi memberikan praktek dan pelatihan  akuntansi bagi Mahasiswa, (4) laboratorium bank mini memberikan pelatihan tentang perbankan syariah bagi mahasiswa, praktik operasional dasar-dasar BMT dan memberikan Praktik sistem pengelolaan Bank Syariah, Lapangan basket dan futsal: mendukung dan mengembangkan kemampuan mahasiswa dibidang olahraga khususnya basket dan futsal serta menjadi penyelenggara kompitisi olaharaga.

3) Hasil yang dicapai: (1)  mampu mengembangkan  soft skill sesuai dengan potensi minat dan kemampuannya; (2) mengembangkan network dan (3) hasil dari kegiatan pelayanan pembinaan soft skills ini, dapat membantu para alumni dalam proses psikotes dan wawancara ketika memasuki dunia kerja.

4 Beasiswa Pelayanan beasiswa bagi mahasiswa Program Studi Perbankan Syari’ah, dilaksanakan melalui kerjasama dengan penyandang dana, antara lain:

1.      Beasiswa Supersemar

2.      Beasiswa Bidik Misi

3.      Beasiswa DIPA Kementerian Agama

4.      Beasiswa Bank Indonesia

5.      Beasiswa Gudang Garam

6.      Beasiswa Bina Lingkungan Kota Bandar Lampung

7.      Beasiswa Pemerintah Kabupaten Way Kanan

8.      LAZ Pusat

Hasil kegiatan pelayanan beasiswa ini ditunjukkan dengan tersalurkannya dana beasiswa kepada para mahasiswa yang memenuhi persyaratan atau yang kurang mampu secara ekonomi tetapi berprestasi akademik, sehingga sangat mendukung kesuksesan studi mahasiswa.

 

5

 

Kesehatan

Pelayanan kesehatan bagi mahasiswa di Program Studi Perbankan Syari’ah, dilaksanakan melalui sejumlah bentuk kegiatan seperti:

1.      Asuransi kecelakaan bagi mahasiswa bekerja sama dengan asuransi Jasa Raharja

2.      Program kesehatan melalui kerjasama dengan Puskesmas Sukarame

3.      Aksi donor darah kerja sama dengan PMI

Hasil dari kegiatan pelayanan kesehatan ini ditunjukkan dengan terjaganya kesehatan mahasiwa

6 Bahasa Pelayanan bahasa bagi mahasiswa di Program Studi Perbankan Syari’ah, dilaksanakan oleh pusat bahasa (Pusba) UIN Raden Intan Lampung melalui sejumlah bentuk kegiatan berupa:

1.      Matrikulasi Bahasa Inggris

2.      Matrikulasi Bahasa Arab

3.      Pelatihan dan tes TOAFL dan TOEFL di laboratorium bahasa

4.      Penggunaan literatur berbahasa asing dalam penyusunan skripsi

5.      Penerapan penggunaan EYD dan kalimat efektif dalam penyusunan skripsi

Hasil dari kegiatan pelayanan bahasa ini ditunjukkan dengan memadainya penguasaan bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Arab oleh mahasiswa, memadainya nilai tes TOAFL dan TOEFL mahasiswa, dan ketertiban penggunaan EYD dalam skripsi mahasiswa.

 

 

 

 

 

 

Perbankan Syariah
Perbankan Syariah
   [email protected]
   +62 (721) 780887
   +62 (721) 780887

Praktik Operasional Bank Syariah

https://www.youtube.com/watch?v=YTtLt9952Nc

Perbankan Syariah